Samsung Galaxy Z Fold 5 akan Meluncur, Apa Saja Keistimewaannya?

samsung galaxy z fold 5


Pasti ada rasa penasaran di hati para penggemar Samsung di seluruh dunia, karena bulan ini akan ada acara yang ditunggu-tunggu, yakni Galaxy Unpacked 2023 di Seoul, Korea Selatan. Acara ini akan menjadi ajang pengungkapan kehadiran dua perangkat yang sangat dinanti-nantikan, yaitu Galaxy Z Flip 5 dan Galaxy Z Fold 5.

Sebagai persiapan menyambut acara besar tersebut, tidaklah mengherankan jika bocoran-bocoran tentang spesifikasi ponsel Samsung yang baru sudah mulai bertebaran di internet. Salah satunya adalah mengenai spesifikasi Galaxy Z Fold 5 yang telah muncul di platform Geekbench.

Dilansir oleh GSM Arena pada hari Selasa (4/7/2023), ponsel Samsung yang satu ini akan menggunakan prosesor terbaru Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 yang dipadukan dengan RAM sebesar 12GB. Dalam hal sistem operasi, Galaxy Z Fold 5 akan berjalan dengan OS Android 13 yang dikemas dengan One UI 5.1.

Sebelumnya, ada juga bocoran mengenai spesifikasi Galaxy Z Fold 5 yang beredar di Geekbench. Namun, bocoran tersebut hanya mengacu pada model yang akan dirilis di Amerika Utara.

Rencananya, Galaxy Z Fold 5 akan diumumkan secara resmi bersamaan dengan Galaxy Z Flip 5 dalam acara Galaxy Unpacked 2023. Tidak hanya itu, Samsung juga disebut-sebut akan memperkenalkan sejumlah produk lainnya, seperti seri Galaxy Tab S9 dan Galaxy Watch 6.

Selain itu, terdapat kabar bahwa Samsung akan merilis smartphone baru dari lini Galaxy FE. Menurut rumor yang beredar, Samsung akan meluncurkan Galaxy S23 FE dalam waktu dekat. Awalnya, kabarnya perangkat ini akan diperkenalkan sebelum acara Galaxy Unpacked 2023, bersamaan dengan Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5. Namun, informasi lebih lanjut mengenai smartphone ini masih belum banyak diketahui hingga saat ini.

Namun, sebagaimana dikutip oleh GSM Arena pada hari Jumat (30/6/2023), bocoran mengenai smartphone ini telah muncul kembali. Kali ini, bocoran tersebut diungkap oleh OnLeaks yang memperlihatkan desain dari Galaxy S23 FE.

Dalam render yang diungkapkan, Galaxy S23 FE memiliki tampilan yang mirip dengan desain smartphone terbaru Samsung, yaitu Galaxy A54. Bahkan, dimensinya pun dikatakan tidak jauh berbeda.

Ukuran smartphone ini adalah 158x76.3x8.2mm. Desain perangkat ini juga menampilkan layar dengan desain punch-hole dan dilengkapi dengan tiga kamera belakang.

Selain itu, Galaxy S23 FE juga memiliki tombol power dan tombol volume di sisi kanan bodinya. Di bagian bawah, terdapat port USB Type-C, mikrofon, dan speaker grill. Sementara itu, slot kartu SIM kemungkinan akan ditempatkan di bagian atas.

Berdasarkan render tersebut, smartphone ini kemungkinan akan memiliki layar berukuran 6,4 inci dengan panel AMOLED. Seperti kebanyakan smartphone Samsung lainnya, Galaxy S23 FE juga akan dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari di dalam layarnya.

Selain itu, berdasarkan bocoran lainnya, perangkat ini dikatakan akan memiliki baterai berkapasitas 4.500mAh yang mendukung fitur pengisian cepat 25W. Berbeda dari Galaxy A54 yang memiliki baterai berkapasitas 5.000mAh.

Untuk spesifikasi lainnya, Samsung kabarnya akan menyematkan chipset Exynos 2200 dalam perangkat ini, dengan pilihan RAM 6GB/ROM 8GB atau ROM 128GB/256GB. Dalam hal fotografi, Galaxy S23 FE dikabarkan akan memiliki kamera utama berkekuatan 50MP.

Berdasarkan laporan sebelumnya, kabarnya Samsung Galaxy S23 FE akan hadir di pasar pada kuartal keempat tahun 2023, yaitu sekitar bulan Oktober hingga Desember 2023. Informasi ini diungkapkan oleh situs SamMobile. Namun, yang terbaru, situs tersebut juga menyebutkan bahwa Galaxy S23 FE akan diluncurkan lebih awal.


Mengutip dari SamMobile melalui GSMArena, pada hari Sabtu (17/6/2023), HP Samsung versi murah dari Galaxy S23 ini akan tersedia dalam jumlah terbatas di beberapa negara pada kuartal ketiga (antara bulan Juli hingga September 2023).

Setelah itu, Samsung baru akan meluncurkan seri Galaxy S23 FE ke negara-negara lainnya pada kuartal keempat tahun 2023 dan kuartal pertama tahun 2024.

Posting Komentar untuk "Samsung Galaxy Z Fold 5 akan Meluncur, Apa Saja Keistimewaannya?"