Download Contoh Absensi Karyawan Bulanan Excel dan Penjelasan Lengkap

 

Download Contoh Absensi Karyawan Bulanan Excel dan Penjelasan Lengkap

Download Contoh Absensi Karyawan BulananExcel dan Penjelasan LengkapContoh absensi karyawan bulanan Excel menjadi salah satu faktor penting yang harus ada dalam perusahaan. Dalam absensi tersebut, terdapat berbagai informasi kehadiran dari karyawan yang memberi manfaat untuk perusahaan.

Adanya absensi yang detail dan akurat, perusahaan mendapat kemudahan dalam berbagai hal. Misalnya, penentuan gaji pada bulan tersebut, data ketertiban karyawan, pertimbangan promosi kenaikan jabatan, penilaian integritas karyawan, dan lain sebagainya.

Microsoft Excel menjadi aplikasi pengolah data yang mudah, gratis, dan fleksibel untuk membuat absensi karyawan. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberi contoh absensi yang lengkap dan detail (bisa kamu download gratis). Penjelasan masing-masing bagian serta langkah-langkah membuat absensi di Excel secara manual.

Penjelasan Contoh Absensi Karyawan Bulanan Excel Gratis

Menggunakan Excel dapat menginputkan absensi karyawan secara otomatis, apakah present, absent, over time, sick, dan sebagainya. Maka dari itulah, contoh absensi karyawan bulanan Excel harus memiliki unsur-unsur tersebut supaya daya yang ditampilkan lengkap.

Secara lebih lengkap, berikut ini beberapa unsur utama absensi sekaligus penjelasan sebagai acuan pembuatannya. Kamu bisa membuat kategori berdasarkan bagian dan unsur di bawah ini di Excel.

1. Nama Karyawan

Umumnya, nama karyawan urut berdasarkan abjad, dari A sampai Z. Sehingga lebih memudahkan dalam penilaian absensi nantinya. Tulis nama karyawan secara lengkap sesuai dengan data di perusahaan, ya.

2. ID Karyawan

Kemudian kolom sebelah nama, ada ID karyawan di mana antara satu orang dengan lainnya berbeda. Jika karyawan A izin sakit, kamu cukup mencari berdasarkan ID ini. Oleh karena itulah memasukkan informasi ID itu cukup penting di absensi.

3. Divisi atau Bagian

Sebagai informasi tambahan, karyawan yang sakit, izin, lembur, terlambat, atau yang lainnya dari divisi atau bagian apa. Dengan menambahkan kolom ini, perusahaan lebih gampang melakukan koordinasi dengan bagian terkait.

4. Present (Hadir)

Setelah data utama dan daftar hari dalam bulan tersebut, informasi untuk menunjukkan absensi secara lengkap dimulai dengan present atau hadir. Kamu bisa membuat ini secara manual di Excel, karena memang sudah tersedia fiturnya.

5. Absent (Absen)

Kolom sebelahnya memberi informasi tentang absent atau tidak hadir. Di mana informasi ini nantinya berbentuk angka (kalkulasi dari semua hari di bulan itu). Jika ada lebih dari satu ketidak hadiran, kolom ini berisi rangkuman penjumlahan per bulan.

6. Overtime (Lembur)

Contoh absensi karyawan bulanan Excel juga mesti ada kolom untuk keterangan overtime (OT) atau lembur. Biasanya, karyawan yang bekerja lembur di perusahaan mendapat kebijakan tertentu. Seperti kebijakan tambahan gaji.

7. Late (Terlambat)

Kolom sebelahnya berisi informasi keterlambatan atau late, yang mana ini biasanya juga mendapat kebijakan tertentu dari perusahaan. Berbeda dengan kerja lembur, terlambat kebijakannya berkaitan dengan pemotongan gaji.

8. Sick (Sakit)

Informasi sick atau sakit penting, apakah karyawan melebihi kompensasi izin sakit dari perusahaan atau tidak. Biasanya dalam satu bulan, karyawan boleh izin sakit maksimal 5 kali.

9. Holiday (Libur)

Karyawan yang tetap masuk ketika libur (baik libur nasional atau yang lainnya), akan memperoleh kebijakan tambahan gaji tersendiri. Oleh karenanya, informasi holiday ini juga penting ada dalam absensi bulanan.

10. Training (Pelatihan)

Unsur atau kategori kolom yang harus ada berikutnya adalah training atau karyawan yang masih pelatihan. Gaji antara karyawan tetap dengan magang tentunya berbeda. Adanya absensi untuk karyawan training, akan membantu memantau kinerja masing-masing sebelum menjadi karyawan tetap perusahaan.

Standarnya, contoh absensi karyawan bulanan Excel memiliki semua unsur atau kategori di atas. Kemudian perusahaan bisa menambah kategori lain yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, menambah informasi tentang nomor yang bisa dihubungi, keterangan izin melalui apa, kompensasi tertentu, dan sebagainya.

Download Contoh Absensi Karyawan Bulanan Excel

Kabar baiknya, kami sudah menyusun absensi bulanan di Excel yang dapat kamu modifikasi sesuka hati. Sebagai tambahan informasi, sebenarnya Microsoft sendiri sudah menyediakan template absensi Excel secara resmi.

Kamu dapat mengunjungi website Microsoft Office untuk mengunduh dan memasang template tersebut. Berdasarkan pantauan kami, kolom informasi Excel yang Microsoft sediakan juga lumayan lengkap. Ada data-data standar yang dibutuhkan sebagaimana di atas tadi.

[Download Template dari Microsoft] (https://templates.office.com/id-id/jadwal-absen-karyawan-tm03987167)

Download Contoh Absensi Excel Lengkap

Download

Kamu dapat memilih mana yang paling cocok dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Baik template maupun contoh absensi karyawan bulanan Excel di atas bisa kamu modifikasi semuanya, fleksibel, serta gratis.

Absensi karyawan memiliki manfaat yang penting, di antaranya dapat meningkatkan produktivitas, mengikuti aturan undang-undang, serta bukti bahwa perusahaan menerapkan kebijakan dengan konsisten.

Cara Buat Contoh Absensi Karyawan Bulanan Excel Manual

Mungkin kamu berpikir jika menggunakan template dari Microsoft atau download contoh absensi Excel, sulit memahami tiap bagian dan fungsi masing-masing. Kemudian ingin membuat absensi manual sendiri agar mudah dalam menambah atau mengurangi fiturnya.

1. Buka aplikasi Microsoft Excel di PC atau laptop, langsung buat worksheet yang terdiri dari 12 sheets untuk mencatat kehadiran tiap bulan.

2. Buat kolom sesuai dengan kategori dan unsur sebagaimana yang sudah kami uraikan di atas tadi.

3. Ubah warna agar absensi bulanan karyawan lebih menarik, untuk memilih warna sebaiknya menggunakan warna dominan perusahaan.

4. Pengaturan input list absensi di Excel bisa kamu buat secara otomatis, jadi tidak perlu memasukkan satu per satu data tersebut. Caranya, masuk ke menu data > data validation. Setelah itu, masuk ke menu home > conditional formatting > highlight cells rules > equal to.

5. Pengaturan pada data validation tersebut mesti kamu sesuaikan terlebih dulu secara manual. Jadi tidak ada sel yang boleh kosong, setiap nama karyawan harus mendapatkan absensinya masing-masing.

Setelah melakukan pengaturan dasar, sebenarnya kamu masih perlu memasukkan formula pada tiap kategori sel. Jadi, untuk membuat absensi Excel manual butuh proses yang lumayan panjang.

Modifikasi Absensi Karyawan Bulanan di Excel dan Link Download

Template absensi bawaan Excel dan file yang bisa kamu unduh di atas, memudahkan dalam modifikasi alih-alih membuatnya secara manual. Jika membuat manual, langkah berikutnya adalah memasukkan beberapa rumus formula Excel agar hasilnya sepenuhnya otomatis.

Link download absensi Excel yang kami berikan sebenarnya sepenuhnya bisa kamu modifikasi. Maka dari itulah, langsung menggunakan file yang tersedia memudahkan dalam berbagai aspek untuk absensi perusahaan bulanan di Excel.

Selain menggunakan Excel, terdapat beberapa aplikasi pihak ketiga yang khusus untuk absensi karyawan. Meski begitu, menggunakan aplikasi semacam ini harus berlangganan, baik per bulan, tahun, atau life time.

Excel yang mudah dan gratis, layak untuk kamu pertimbangkan karena sama-sama mampu memberikan informasi yang detail serta akurat. Sekian contoh absensi karyawan bulanan Excel, link download, dan penjelasan masing-masing kategori bagiannya. Semoga membantu, ya!

Agus Permana
Agus Permana Agus Permana adalah seorang jurnalis yang sudah malah melintang di sejumlah media nasional. Pernah lama berkair pada sejumlah media televisi dan media cetak nasional. Menjalani peliputan ringan hingga berat. Saat ini Agus Permana memilih fokus menekuni media daring.

Posting Komentar untuk "Download Contoh Absensi Karyawan Bulanan Excel dan Penjelasan Lengkap"