Contoh Laporan Keuangan Sederhana Excel dengan Tampilan Profesional

contoh laporan keuangan sederhana excel

Contoh Laporan Keuangan Sederhana Excel dengan Tampilan Profesional. Tidak hanya contoh laporan keuangan sederhana Excel, aplikasi ini juga mampu membuat bukti invoice dengan tampilan profesional. Kemudahan tersebut semakin terasa sebab Excel mempunyai rumus formula untuk membantu penghitungan. 

Sebagaimana kita ketahui, bahwa laporan dan invoice merupakan bukti yang memberi informasi kalkulasi angka. Excel dapat mengerjakan dengan lebih mudah asal memahami formula dasarnya. Misalnya penjumlahan (=SUM), rata-rata (=AVERAGE), atau mencari nilai khusus (=IF).

Meski di zaman modern seperti saat ini, sudah banyak sekali aplikasi pihak ketiga dan website yang menawarkan layanan pembuatan laporan otomatis. Microsoft Excel tampaknya tetap nangkring sebagai aplikasi pengolah angka di hati para penggunanya.

Pasalnya, Excel menawarkan kemudahan akses, di mana ia mampu berjalan tanpa akses internet. Selain itu, menjadi aplikasi yang populer memberikan banyak sekali tutorial untuk menggunakan Excel. Pengubahan data, modifikasi, atau membuat tampilan profesional sangat mungkin dioptimalkan dengan aplikasi ini.

Contoh Laporan Keuangan Sederhana Excel dari Pengertian dan Jenisnya

Menurut website Kemendag (https://ditjenpktn.kemendag.go.id/upload/DOCUMENTS/PUBLIKASI/3.%20MAKALAH%20PENYAJIAN%20LAPORAN%20KEUANGAN.pdf), pengertian laporan keuangan adalah informasi mengenai posisi keuangan, relasi anggaran, arus khas, dan kinerja keuangan tertentu. Berangkat dari pengertian ini, ada beberapa jenis laporan yang bisa dibuat melalui Excel.

Secara umum, jenis laporan keuangan dari suatu perusahaan atau startup ada lima. Di antaranya adalah laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas, laporan neraca, laporan arus kas, dan catatan laporan keuangan.

Penting bagi perusahaan untuk memiliki format laporan keuangan tersendiri. Sebab nantinya, pada laporan tersebut terpampang logo, jargon, alamat/kontak, sekaligus keterangan perusahaan tentang apa laporan itu. Misalnya, Laporan Keuangan untuk Periode Juli – Agustus 2023.

Sebagai catatan, laporan keuangan yang dibentuk bisa kamu sesuaikan berdasarkan arah gerak dan bidang perusahaan. Sebab, antara laporan keuangan perusahaan dagang (produk barang) tentunya berbeda dengan laporan keuangan perusahaan/startup jasa.

Contoh Laporan Keuangan Sederhana Excel dan Komponen yang Harus Ada

Unsur dalam laporan keuangan umumnya terdiri dari pendapatan (income), beban operasional (expenses), laba kotor, pajak, dan laba bersih. Setiap jenis laporan keuangan memiliki unsur dan komponen yang berbeda.

Misalnya, laporan keuangan ekuitas yang lebih sederhana daripada laporan keuangan laba rugi. Dalam laporan keuangan ekuitas (perubahan modal), komponen hanya meliputi modal periode, laba bersih, dan penambahan modal.

Tetapi dalam laporan keuangan laba rugi, memiliki komponen lengkap sebagaimana yang kami sebutkan di atas tadi. Unsur dan komponen contoh laporan keuangan sederhana Excel untuk perusahaan secara rinci sebagai berikut.

1. Pendapatan Perusahaan

Komponen ini merupakan rangkuman keseluruhan dari total penjualan produk barang maupun jasa per periode tertentu. Contoh laporan keuangan sederhana Excel harus ada informasi pendapatan perusahaan jika ingin membuat jenis laba rugi.

2. Beban Operasional

Sedangkan komponen beban operasional, tentunya masing-masing perusahaan punya beban yang berbeda. Dalam komponen ini ada unsur Harga Pokok Penjualan (HPP), beban penjualan, beban administrasi, beban bunga, dan beban lainnya yang bisa kamu sesuaikan dengan kenyataan.

3. Laba Kotor Perusahaan

Gampangnya, komponen laba kotor perusahaan berisi pengurangan antara komponen pendapatan dengan beban operasional. Hasilnya untuk memberi informasi laba keseluruhan per periode tersebut sebelum terpotong oleh pajak atau anggaran tak terduga.

4. Informasi Pajak

Sebuah perusahaan atau startup penting untuk memiliki nomor pembayaran pajak. Yang mana nilai pajak ini menjadi pengurang dari laba kotor perusahaan dalam laporan keuangan. Lebih baik dijelaskan juga berapa persentase pajak dan hasil akhirnya.

5. Laba Bersih Perusahaan

Setelah laba kotor dipotong oleh nilai pajak, maka akan mendapat laba bersih perusahaan. Hasil dari laba bersih sebagai pedoman untuk membuat jenis laporan yang lainnya. Oleh karena itulah, biasanya laporan laba rugi pembuatannya lebih awal dari laporan yang lain.

Pentingnya Laporan Keuangan bagi Sebuah Perusahaan, Startup, atau UMKM

Laporan keuangan ini ibaratnya lampu sepeda motor. Di mana perusahaan harus memilikinya agar dapat memilih jalan terbaik untuk masa depan. Perusahaan yang tidak memiliki laporan keuangan, tampaknya hanya mengandalkan insting dan keberuntungan semata.

Oleh sebab itulah, laporan seperti ini sangat penting demi memberi jalan terang ke mana perusahaan harus bergerak dan berjalan. Secara lebih rinci, di bawah ini merupakan alasan pentingnya sebuah perusahaan perlu memiliki laporan keuangan.

1. Sebagai Pemantau Perkembangan Usaha

Laporan keuangan secara sederhana dapat memberi informasi tentang perkembangan usaha, apakah mendapat keuntungan atau malah mengalami kerugian. Serta apa saja faktor yang menyebabkan hasil menunjukkan hal itu.

Maka dari itulah, laporan keuangan juga sangat baik sebagai bahan yang dibawa dalam rapat evaluasi. Pihak atasan dapat memberi arahan atau imbauan apa yang sebaiknya bawahan lakukan. Misalnya, terdapat penurunan omzet karena kurang masifnya iklan, solusinya dengan meningkatkan kinerja bagian advertisement.

2. Kontrol Anggaran dengan Akurat

Laporan keuangan juga memberi kontrol atas anggaran seluruh perusahaan, antisipasi agar tidak ada penyelewengan, serta menghitung laba rugi secara berkala. Bayangkan sebuah perusahaan tanpa laporan ini, masing-masing pihak dapat memanfaatkan dana perusahaan untuk urusan pribadi.

3. Patokan untuk Mengambil Keputusan

Selanjutnya, laporan keuangan penting karena sebagai dasar pengambilan keputusan yang berkaitan dengan arah gerak perusahaan ke depan. Tanpa adanya laporan ini, perusahaan seperti halnya sepeda motor yang berjalan di kegelapan tanpa lampu.

Meski bukan satu-satunya alasan yang menentukan berhasil atau tidaknya perusahaan, laporan keuangan memegang peran yang sangat penting. Bahkan kalau tidak ada sudah bisa dipastikan perusahaan tidak berumur panjang.

4. Menghitung Pajak dan Mencatat Riwayat Biaya Tak Terduga

Seiring berjalannya waktu, perusahaan yang mempunyai catatan keuangan baik akan terus menjadi lebih progresif. Mereka dapat menganalisis apa saja yang perlu dan tidak perlu, mana yang harus didahulukan dengan anggaran yang tersedia.

5. Bahan untuk Mengadakan Kerja Sama

Laporan keuangan yang menunjukkan hasil senantiasa mengalami peningkatan, seperti sebuah portofolio apik untuk mengadakan kerja sama dengan perusahaan lain. Dengan kata lain, laporan ini penting dalam pengembangan ke ranah yang jauh lebih luas.

Melihat pentingnya laporan keuangan, biasanya sebuah perusahaan memiliki standar atau template sendiri. Namun jika perusahaan kamu belum memilikinya, dapat langsung mengunduh melalui tautan di bawah, ya!

Download Contoh Laporan Keuangan Sederhana Excel

Contoh laporan keuangan sederhana Excel bisa kamu download melalui tautan di bawah. Kamu juga dapat melakukan modifikasi sepenuhnya sesuai dengan kebutuhan atau standar perusahaan sendiri.

Beberapa bagian contoh di dalam file meliputi income, expenses, taxes, net income, share distributions, dan net profit sesuai dengan standar minimal komponen yang sudah kami jelaskan sebelumnya.

Setiap perubahan yang dilakukan pada sel Excel, akan secara otomatis mengubah hasil akhirnya. Maka dari itulah, memilih download contoh laporan keuangan otomatis merupakan cara termudah dan gratis untuk membuat laporan perusahaan kamu.

Download

Itulah contoh laporan keuangan sederhana Excel yang dapat langsung kamu edit atau modifikasi sesuai standar perusahaan. Semoga membantu, ya!

Agus Permana
Agus Permana Agus Permana adalah seorang jurnalis yang sudah malah melintang di sejumlah media nasional. Pernah lama berkair pada sejumlah media televisi dan media cetak nasional. Menjalani peliputan ringan hingga berat. Saat ini Agus Permana memilih fokus menekuni media daring.

Posting Komentar untuk "Contoh Laporan Keuangan Sederhana Excel dengan Tampilan Profesional"