Jelajah ke Luar Negeri? Bedain Visa sama Paspor!


Impian banget kan, buat jalan-jalan ke luar negeri? Seru banget bisa dapet pengalaman baru yang nggak bisa kita temuin di Indonesia. Tapi sebelum kita mewujudkan impian itu, kita harus ngerti perbedaan visa dan paspor.

Visa sama paspor itu dokumen penting yang harus kita bawa pas mau jalan-jalan ke luar negeri. Tapi, kedua dokumen ini beda banget. Nah, biar makin jelas, kita bahas satu per satu ya!

Visa vs Paspor: Apa Bedanya?

Visa sama paspor itu beda kalau diliat dari beberapa aspek penting, yaitu:

Fungsinya:

Paspor itu kayak kartu identitas kita di negara lain. Jadi, punya paspor berarti kita WNI yang identitasnya sesuai yang tertera di paspor. Nah, visa itu kayak tanda persetujuan dari pemerintah negara yang kita tuju. Kalau kita punya visa, berarti perjalanan kita ke negara itu legal dan sah, bro.

Kadang-kadang, negara juga kasih fasilitas bebas visa buat pemegang paspor dari suatu negara. Misalnya, pemegang paspor Indonesia bisa berkunjung ke 72 negara tanpa perlu urus visa, termasuk Thailand, Laos, Hong Kong, Malaysia, Singapura, Peru, dan Kolombia.

Tampilannya Beda!

Perbedaan visa dan paspor selanjutnya adalah soal tampilan. Paspor bentuknya kayak buku saku gitu. Di depannya ada halaman dengan biodata kita.

Nah, visa biasanya berupa stiker dengan hologram yang keren. Stiker itu nanti ditempel di halaman kosong di paspor. Ada juga visa yang cuma berupa stempel sederhana. Ada juga visa digital yang dikirim lewat email. Visa digital ini harus dicetak dan ditempel di paspor.

Penerbitannya Beda!

Lembaga yang ngebuat visa sama paspor juga beda. Perbedaan visa dan paspor , kalau paspor diterbitin sama negara asal kita. Di Indonesia, Kementerian Hukum dan HAM lewat Direktorat Jenderal Imigrasi yang ngurusin paspor buat WNI. Nah, visa itu bisa kita urus di kedutaan negara yang kita mau kunjungi. Setiap negara punya kedutaan di Indonesia yang bisa ngasih visa buat kita.

Gimana Kalau Negara yang Mau Dikunjungin Nggak Punya Kedutaan di Indonesia?

Kalau negara yang mau didatengin nggak punya kedutaan di Indonesia, kamu mungkin akan kesulitan ngurusin visa buat ke sana. Bisa saja kamu dapat visa, tapi prosesnya jadi lebih ribet.

Kedutaan itu kayak pos polisi, tempat buat urus dokumen-dokumen resmi buat ke luar negeri. Nah, kalau negara tujuan nggak punya kedutaan di sini, berarti kamu harus ngurusin visa lewat negara lain yang punya kedutaan. Jadi, mesti ke negara lain dulu buat ngurusin visa, baru bisa lanjut ke negara yang diinginkan.

Misal, kamu ingin pergi ke Israel. Kita kan, negara kita nggak punya hubungan diplomatik dengan Israel.Jadinya, Israel nggak buka kedutaannya di Indonesia, begitu juga sebaliknya. Solusinya, kamu bisa mengajukan visa ke Kedutaan Besar Israel di negara tetangga yang punya hubungan diplomatik dengan Israel, seperti Singapura atau Thailand. Jadi kamu berangkat dulu ke Singapura atau Thailand buat ngurus visa ke Israel.

Cara lain, biasanya ada agen perjalanan atau lembaga yang bisa bantu urus visa buat kamu. Mereka punya hubungan sama negara-negara yang nggak punya kedutaan di Indonesia. Jadi, bisa bantu prosesnya jadi lebih gampang.

Pokoknya, kalau mau pergi ke negara yang nggak punya kedutaan di sini, perlu banget cek dulu prosedurnya. Carilah informasi dari agen perjalanan atau lembaga yang bisa bantu urus visa. Jangan lupa, berani mencoba dan teliti dalam mengurus visa, ya!

Proses Pengurusannya Beda!

Perbedaan visa dan paspor  yang terakhir itu soal proses ngurusnya.

Buat urus paspor, caranya gampang banget. Kita cuma perlu lengkapi persyaratan yang udah ditentuin. Misalnya KTP, Kartu Keluarga (KK), akta kelahiran/buku nikah/surat baptis/ijazah, dan surat penetapan pengadilan buat yang ganti nama.

Tapi, urus visa lebih ribet. Kita harus ngurusnya di lembaga pemerintahan negara tujuan. Biasanya, dokumen yang diminta lebih banyak, termasuk paspor dan rekening koran.

Jadi gitu penjelasan tentang bedanya visa sama paspor. Jangan lupa, kedua dokumen ini juga punya masa berlaku, jadi pastiin masih berlaku pas kita mau berlibur ke luar negeri!

Kalau kita pengin tinggal lama di luar negeri, pastiin kita punya dana yang cukup. Tapi kalau lagi kehabisan duit dan butuh bantuan dana darurat, kita bisa minta bantuan keuangan dari keluarga atau temen di Indonesia.

Liburan ke luar negeri ituh pengalaman yang seru dan penuh petualangan. Dengan ngerti bedanya visa sama paspor, kita jadi lebih siap buat rencanain dan nikmatin perjalanan internasional kita. Selamat jalan-jalan!

Agus Permana
Agus Permana Agus Permana adalah seorang jurnalis yang sudah malah melintang di sejumlah media nasional. Pernah lama berkair pada sejumlah media televisi dan media cetak nasional. Menjalani peliputan ringan hingga berat. Saat ini Agus Permana memilih fokus menekuni media daring.

Posting Komentar untuk "Jelajah ke Luar Negeri? Bedain Visa sama Paspor!"