Ini Dia Rahasia Ampuh Mengatasi Laptop Ngefreeze!


Banyak langkah menangani laptop ngefreeze dengan beragam pemicu tanpa perlu kesusahan. Sebetulnya sepanjang dapat diketahui pemicunya, kemungkinan besar persoalahan laptop yang mengalami freeze bisa diatasi. Maka dari itu pada ulasan ini kami akan beri beragam cara mengatasi netbook supaya Anda bisa menuntaskan masalah freeze atau hang pada piranti laptop.

Umumnya saat laptop ngefreeze atau hang akan berbuntut pada BSOD. BSOD (blue screen of death) sendiri ialah keadaan di mana komputer masuk ke state munculkan monitor biru. Dalam monitor biru itu ada detil error yang terjadi pada piranti berkaitan. Jika hang berbuntut pada BSOD, kemungkinan besar ada permasalahan pada hardware. Kami akan terangkan dasar pemicu dari tiap persoalan hingga Anda gampang menerapkan langkah menangani laptop ngefreeze. Jadi, baca pembahasan kami sampai usai supaya Anda bisa temukan jalan keluar termudah menangani persoalan ini. Kami akan menerangkan teknik termudah yang biasa dipakai pada kasus yang paling umum terjadi.

Mengapa Laptop atau Komputer Dapat Ngefreeze atau Hang

Sebetulnya, ada banyak pemicu yang membuat suatu piranti bisa terjadi hang. Kami akan terangkan beberapa pemicu umum yang sering terjadi.

Terjadi persoalan pada hardware

Salah satunya pemicu permasalahan freeze pada piranti laptop atau komputer ialah adanya persoalan pada hardware. RAM jadi elemen tersering penyebab permasalahan itu pada komputer. Saat freeze umumnya terjadi pelambatan kinerja dari piranti . Maka cara mengatasi laptop ngefreeze bila pemicunya ialah RAM sudah pasti harus menukar atau lakukan tweaking.

Terjadi persoalan software

Software yang bermasalah juga bisa jadi penyebab berlangsungnya freeze piranti. Hal itu dapat dipacu karena minimnya kompetensi dari RAM atau prosesor piranti. Jadi, software atau piranti lunak akan bekerja tidak maksimal dan malah makan resource tinggi sekali. Saat itu terjadi, piranti akan tiba-tiba blank selanjutnya ada blue screen of death.

Pin piranti lunak tidak terhubung dengan maksimal

Sebab lain yang juga bisa menyebabkan freeze pada piranti laptop atau komputer Anda adalah guncangan dalam perjalanan. Guncangan bisa menyebabkan salah satu atau sejumlah pin tidak tersambung dengan baik. Karena itu, bisa terjadi permasalahan ikatan. Cara mengatasi laptop ngefreeze karena guncangan sudah pasti harus membedah piranti.

Penyimpanan penuh

Pemicu paling sering ditemui dari masalah freeze piranti lapton atau komputer ialah penyimpanan yang nyaris penuh. Saat sisa penyimpanan cuma beberapa giga saja, biasanya akan disusul dengan peristiwa freeze.

Dengan mengenali sejumlah persoalan pemicu terjadinya freeze pada laptop di atas, Anda bisa menanganinya sesuai dengan pemicunya. Setelah membahas sejumlah penyebabnya, pada uraian selanjutnya kami akan menjelaskan teknik-teknik paling sederhana cara mengatasi laptop ngefreeze.

Cara Mengatasi Laptop Ngefreeze Disesuiakan dengan Pemicunya

Kita masuk pada uraian teknis penanganan beragam permasalahan yang mengakibatkan hang atau freeze piranti laptop. Lanjutkan membaca pembahasan berikut agar Anda bisa memilih metode terbaik sesuai dengan penyebabnya.

Persoalan hardware

Saat permasalahannya ialah hardware, misalnya karena RAM atau pin tidak tersambung, Anda harus membedah laptop atau komputer Anda. Biasanya, muncul bitnik-bintik bakar pada pin RAM. Cara mengatasinya, Anda bisa memakai penghapus karet untuk membersihkan dari bintik bakar itu. Sesudah nodanya bersih, Anda dapat mencoba kembali memasangkannya pada piranti untuk ketahui hasilnya.

Selanjutnya, cara mengatasi laptop ngefreeze yang disebabkan karena pin tidak terhubung. Caranya dengan melepaskan selanjutnya menyambungnya kembali. Setelah itu coba hidupkan laptop Anda.

Sebagai catatan pada waktu membongkar netbook,  pastikan baterai, CMOS, external power, dan seluruh sumber listrik sudah terlepas lebih dahulu. Hal ini untuk mencegah terjadinya hubungan pendek atau korsleting.

Persoalan software

Cara mengatasi laptop ngefreeze yang disebakan masalah pada software lebih kompleks. Karena kita harus men-ceck apakah freeze berbuntut pada BSOD atau mungkin tidak. Bila freeze berbuntut pada BSOD, maknanya terjadi corrupt pada piranti lunak.

Penyebabnya bisa karena program yang di-running atau malah OS dari pirantinya . Sehingga, langkah penanganannya ialah dengan memeriksa software yang paling terakhir dipakai sebelum terjadinya masalah freeze.

Coba lakukan restart pada laptop. Sesudah komputer restart, coba buka dan running programnya beberapa saat. Bila tidak ada permasalahan karena itu, kemungkinan cuma temporal saja dan kita dapat memakainya kembali seperti umumnya.

Tetapi jika pemicunya ialah OS, sangat disarankan instal ulang saja. Instal ulang OS adalah upaya terbaik cara mengatasi netbook ngefreeze. Walaupun sebetulnya tanpa diinstal ulangpun piranti masih tetap bisa dipakai. Tetapi, untuk mendapatkan kinerja piranti laptop yang maksimal, Anda perlu membabat akar permasalahan dengan melakukan instal ulang.

Agus Permana
Agus Permana Agus Permana adalah seorang jurnalis yang sudah malah melintang di sejumlah media nasional. Pernah lama berkair pada sejumlah media televisi dan media cetak nasional. Menjalani peliputan ringan hingga berat. Saat ini Agus Permana memilih fokus menekuni media daring.

Posting Komentar untuk "Ini Dia Rahasia Ampuh Mengatasi Laptop Ngefreeze! "