Cara Memasak Rendang Daging dengan Presto: Bikin Rendang Empuk Hanya dalam Waktu Singkat!


Rendang daging adalah satu dari banyak kuliner asli nusantara yang belakangan banyak digemari warga mancanegara. Citarasa rempah pada hidangan rendang begitu kental dan kuat. Awalnya, olahan rendang dikenal sebagai masakan yang lama memasaknya. Namun dengan memakai panci presto proses olahan rendang daging jadi cepat. Dalam tulisan ini, akan diuraikan cara memasak rendang daging dengan presto secara detail.

Cara Memasak Rendang Daging dengan Presto

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  1. 1 kg daging sapi
  2. 1 liter santan kelapa
  3. 4 lembar daun jeruk purut
  4. 3 batang serai, memarkan
  5. 5 lembar daun salam
  6. 3 cm lengkuas, memarkan
  7. 2 buah asam kandis
  8. 2 sendok makan gula merah
  9. 2 sendok teh garam
  10. Minyak goreng secukupnya

Langkah-langkah memasak rendang daging dengan presto:

  1. Potong daging sapi sesuai selera dan cuci bersih.
  2. Siapkan panci presto dan panaskan minyak goreng di dalamnya.
  3. Tumis daun salam, serai, lengkuas, dan daun jeruk purut hingga harum.
  4. Masukkan potongan daging sapi ke dalam panci dan aduk hingga daging berubah warna.
  5. Tuangkan santan kelapa ke dalam panci, aduk rata, dan biarkan mendidih.
  6. Setelah santan mendidih, masukkan gula merah, garam, dan asam kandis. Aduk rata.
  7. Tutup panci presto dan biarkan rendang daging matang dalam tekanan selama 1 jam.
  8. Setelah 1 jam, matikan api dan biarkan panci presto dingin secara alami.
  9. Setelah panci presto dingin, buka tutupnya dan masak rendang dengan api kecil hingga santan kelapa menyusut dan daging benar-benar empuk.
  10. Angkat rendang daging presto dan sajikan bersama nasi hangat.


Memasak rendang menggunakan panci presto sudah pasti akan menghemat banyak lebih mudah dan cepat daripada mengandalkan memasak dengan cara tradisional. Tapi harap diperhatikan, jangan lupa mengikuti petunjuk pemakaian alat presto dengan benar. Sebelum mulai menggunakan, jangan lupa untuk membaca instruksi dan pedoman keamanan yang disertakan satu paket dengan panci presto saat pertamakali anda membelinya.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memasak rendang dengan presto. Mula-mula, anda harus memastikan panci presto yang akan anda pakai dalam kondisi baik dan tidak rusak. Kemudian, jangan mengisi panci presto terlalu penuh. Dikarenakan santan kelapa akan memuncak ketika didih. Selanjutnya menjelang selesai, pastikan tekanan dalam panci sudah turun sepenuhnya sebelum panci presto dibuka.

Memasak rendang pake presto sangatlah mudah dan hasilnya pun tak kalah lezat dibandingkan hasil masakan rendang yang dibuat dengan cara tradisional. Memasak rendang menggunakan panci presto tidak hanya akan mempercepat waktu memasak, tetapi daging yang telah dimasak juga menjadi lebih empuk. Rendang yang dimasak menggunakan panci presto biasanya lebih awet, bisa disimpan dalam waktu yang lebih lama dibandingkan dengan daging olahan tradisional.

Namun, ada beberapa perbedaan dalam rasa dan tekstur antara rendang yang dimasak dengan presto dan rendang yang dimasak dengan cara tradisional. Rendang yang dimasak dengan presto mungkin tidak memiliki rasa dan aroma yang mendalam seperti rendang yang dimasak dengan cara tradisional. Tapi kembali lagi pada selera masing-masing.

Meskipun demikian, rendang presto tetap menjadi pilihan yang baik untuk mereka yang ingin memasak rendang dengan waktu yang lebih cepat dan mudah. Selain itu, rendang presto juga cocok bagi mereka yang ingin menghemat energi dan menghindari pekerjaan yang melelahkan.

Demikianlah cara memasak rendang daging dengan presto yang bisa Anda coba di dapur Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memasak rendang yang lezat dan empuk dengan waktu yang lebih cepat. Selamat mencoba!
Agus Permana
Agus Permana Agus Permana adalah seorang jurnalis yang sudah malah melintang di sejumlah media nasional. Pernah lama berkair pada sejumlah media televisi dan media cetak nasional. Menjalani peliputan ringan hingga berat. Saat ini Agus Permana memilih fokus menekuni media daring.

Posting Komentar untuk "Cara Memasak Rendang Daging dengan Presto: Bikin Rendang Empuk Hanya dalam Waktu Singkat!"