5 Merek Sepeda Motor Listrik Terbaik


Jika dibandingkan sepeda motor konfensioal yang berbahan bakar fosil, harga sepeda motor listrik bisa dibilang berada di atasnya, alias lebih mahal. Perbandingan ini jika dilakukan apple to apple dengan kelas dan spesifikasi yang sepadan.

Hal ini pula yang agaknya membuat minat pasar, khususnya Indonesia, belum sebegitu bergairah menyambut kehadiran moda masa depan ini. Disamping tentu saja karena infrastrukturnya berupa layanan charging station belum siap.

Berikut adalah uraian sejumlah merek dan harga sepeda motor listrik yang menawarkan fitur-fitur premium, dengan daya tempuh di atas 150 km dalam sekali isi full baterai.

Zero Motorcycles 


Kita mulai ulasannya dengan sepeda motor listrik besutan Zero Motorcycles. Merek Zero diproduksi oleh pabrikan asal Amerika Serikat. Seperti kita tahu, sejak awal kemunculan sepeda motor listrik, Amerika Serikan menjadi salah satu negara yang paling semangat mengenalkannya kendaraan ramah lingkungan ini.

Zero sudah mengeluarkan setidaknya dua tipe sepeda motor listrik, Zero S dan Zero SR. Keunggulan paling utama yang ditawarkan sepeda motor listrik Zero adalah daya jangkaunya. Produsennya mengklaim, Zero S mampu menjangkau jarak hingga 163 km dalam sekali isi penuh baterai. Sementara saudaranya, Zero SR, mampu menempuh jarak 260 km untuk sekali isi penuh baterainya.

Saat artikel ini dibuat, harga Zero S dipasaran dibandrol kisaran Rp. 157 juta. Adapun saudaranya yang lebih high class, Zero SR, dijual di kisaran Rp. 236 hingga Rp. 300 juta.

Vespa


Ulasan yang kedua adalah sepeda motor listrik produksi Vespa. Siapa tidak kenal Vespa. Produsen sekuter asal Italia ini belakangan turut memprodksi sekuter berbasis listrik. Model sepeda motor listrik perdananya dinamai Vespa Elettrica. Sangat mengutamakan eleganitas. Cocok bagi yang selama ini sudah terlanjur nyaman dengan model kendaraan matic. 

Vespa Elettrica memiliki dua tipe, yang pertama tipe 45 km/jam yang mampu menempuh jarak 100 km untuk sekali isi penuh baterai. Kemudian tipe 70 km/jam, daya tempuhnya 120 km dalam sekali isi penuh baterai. Sepeda motor listrik ini menggunakan batera lifePO4, dengan waktu pengisian daya 4 jam. Fitur-fitur lainnya, layer digital dan pengereman refeneratif.

Saat artikel ini dibuat, harga Vespa Electtrica di pasaran sudah mencapai Rp 105.501.612. Harga yang cukup fantastis untuk standar kantong rata-rata orang Indonesia.

Energica

Satu lagi pabrikan Italia yang ikut meramaikan bursa pasar sepeda motor listrik adalan Energica Motor Company S.p.A. Harus diakui, namanya belum sebesar Vespa. Namun, untuk urusan kegarangan, produsen ini tidak bisa diremehkan. Pabrik yang berporduksi di Kota Modena Italia ini adalah produsen sepeda motor listrik supersport paling pertama di Italia.  Tak ayal, Energica menawarkan sensasi kecepatan pada penggunanya. Dengan jangkauan 200 km untuk sekali isi penuh baterainya, Energica mengklaim mampu dikebut hingga 240 km/jam.


Sejauh ini telah ada tiga varian sepeda motor listrik Energica yang beredar di pasaran: Energica Ego+, EsseEsse9, dan Eva Ribelle. Energica Ego+ dibekali baterai berkapasitas 21,5 kWh dengan torsi 215 Nm, diklaim oleh produsennya mampu menempuh jarak hingga 400 km. Untuk Varian EVA EsseEsse9, memiliki kapasitas baterai 13,4 kWh, torsi 180 Nm. Dan yang terakhir varian Eva Ribelle memiliki kapasitas baterai yang sama dengan varian Ego+ 21,5 kWH, torsinya 215 Nm.

Kabar buruknya, sepeda motor listrik garang ini hanya mampu dijangkau oleh kalangan atas. Bagaimana tidak, satu unit Energica varian Ego+ dan Eva Ribelle dijual dengan harga Rp 1,3 M. Sementara itu, varian dengan spesifikasi paling rendan, EsseEsse9, dijual dengan harga Rp. 1,1 M.

Harley-Davidson (HD)




Kehadiran Harley-Davidson (DH) menandai jika pasar sepeda motor listrik juga diminati merek besar. Pada 2019, pabrik motor legendaris ini meluncurkan LiveWire, sebuah kendaraan yang disebut-sebut menjadi salah satu yang terbaik di belantika sepeda motor listrik. Dengan tampilan elegan khas Harley-Davidson, LiveWire diklaim mampu menempuh jarak hingga 117 dalam sekali isi penuh baterai.

Pabriknya melengkapi tunggangan ini dengan sejumlah komponen papan atas. Mengunakan rem brembo, sistem ABS, ban Michelin, dan suspense showa. Daya lesat LevaWire diinformasikan berada di angka 100 km/jam.

Di awal rilisnya pada 2019, sepeda motor listrik HD LiveWire dijual dengan harga Rp. 421 juta. Tentunya tidak semahal varian-varian milik Electtrica.

NIU 

Seperti tidak mau ketinggalan, Cina juga ikut meramaikan persaingan sepeda motor listrik melalui NIU. Seperti kebanyakan produk asal Cina, NIU menawarkan sepeda motor listrik dengan harga terjangkau. Kendati demikian, kualitasnya bersaing dengan sepeda motor listrik pabrikan Barat. 

NIU melakukan inovasi yang memungkinkan pemiliknya mencopot dan mengganti baterai. Pemiliknya bisa menyiapkan baterai serepan sebagai cadangan energi saat perjalanan jauh. Fitur inovasi lainnnya adalah layar detektor yang bisa memantau performa komponen-komponen penting, seperti baterai, fitur-fitur lain, termasuk jarak tempuh. Perangkat detektor ini memanfaatkan aplikasi android.


Agus Permana
Agus Permana Agus Permana adalah seorang jurnalis yang sudah malah melintang di sejumlah media nasional. Pernah lama berkair pada sejumlah media televisi dan media cetak nasional. Menjalani peliputan ringan hingga berat. Saat ini Agus Permana memilih fokus menekuni media daring.

Posting Komentar untuk "5 Merek Sepeda Motor Listrik Terbaik"